January 31, 2023

SMPIT Al-Multazam 2 Telah Mempersiapkan SMART CLASSROOM Untuk Menghadapi Tahun Ajaran Baru

SMPIT Al-Multazam 2 (24/1) Smart classrrom merupakan program yang akan digulirkan di tahun ajaran baru di SMPIT Al Multazam 2. Program besar tentu perlu persiapan besar pula. Kami berharap program smart classroom ini bukan hanya sebatas substitusi dari kertas, buku, papan tulis ke bentuk digital, melainkan lebih dari itu. Yakni meningkatnya kualitias pembelajaran dengan semakin terbukanya kesempatan berkolaborasi, mencari dan mengolah informasi serta mengkomunikasikan informasi melalui adopsi teknologi.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Senin, 24 Januari 2022 SMPIT Al Multazam 2 melakukan briefing sebagai langkah awal. Tim smart classroom bersama kepala sekolah menyusun strategi dalam peningkatan kualitas guru. Dalam kegiatan briefing tersebut disepakati bebrapa targetan dalam peningkatan kualitas guru melalui kursus mandiri melalui aplikasi Kelas Masa Kini dan pertemuan maya di pertemuan selanjutnya. selain itu, briefing tersebut menghasilkan kesepakatan terkait karya guru, karya santri serta skenario KBM yang akan digulirkan. Karya guru yang menjadi standar dan harus dibuat masing-masing guru antara lain video pembelajaran, assesmen online dan portofolio digital. Adapun karya santri yang wajib dibuat antara lain portofolio digital dan catatan digital. Rencananya kegiatan briefing ini akan dilaksanakan setiap pekan dengan agenda berbagi ilmu dan pengalaman dalam penggunaan teknologi dan managemen kelas. Moto kami “Think Smat before Use Smart Technology”.

SMART CLASSROOM

Smart Classroom bisa menjadi alternatif dalam proses pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Konsep modern ini mengacu pada kondisi interaksi di ruang kelas dengan penggunaan integrasi perangkat keras yang canggih dan perangkat lunak inovatif untuk meningkatkan cara mengajar dan memonitor cara belajar santri.

Pengaplikasian Smart Classroom memungkinkan terjadinya proses pembelajaran yang dinamis, yakni tidak ada lagi batasan waktu dan tempat dalam belajar. Interaksi antara guru dan murid dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Ditambah lagi, dengan adanya dukungan penyediaan aplikasi edukasi memungkinkan proses kegiatan belajar mengajar lebih variatif dan inovatif.

(Deny Fitriyadi – Kontributor Media SMPIT Al-Multazam 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *