September 28, 2022

SMPIT AL MULTAZAM 2 ” BERJAYA”

SMPIT AL MULTAZAM 2 memilih jargon “BERJAYA”sebagai artikulasi dari semangat perubahan ke arah yang lebih baik. Berjaya menjadi kata yang harus dipegang teguh dalam setiap langkahnya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Berjaya berarti berhasil, beruntung, menang, mencapai kemegahan (kebesaran). Berangkat dari definisi tersebut SMPIT AL MULTAZAM 2 bermimpi untuk menjadi sekolah yang akan mencapai kesuksesan gemilang dimasa depan dan kebanggan umat.

BERJAYA juga sebenarnya merupakan sebuah akronim yang terdiri dari beberapa kata yang memiliki makna tersendiri, diantaranya sebagai berikut:

  1. B, Bersahaja, memiliki makna sederhana dan tidak berlebih-lebihan
  2. E, Empati, memiliki makna senantiasa peka dan peduli terhadap keadaan sekitar
  3. R, Religius, memiliki makna senantiasa bersifat religi (menyelimuti seluruh program)
  4. J, Judicious, memiliki makna bijaksana
  5. A, Aktif, memiliki makna senantiasa aktif dalam segala bentuk kegiatan Ibadah dan kebaikan
  6. Y, Youthful, memiliki makna senantiasa kelihatan muda (senantiasa memiliki semangat seperti anak muda)
  7. A, Amanah, memiliki makna dapat dipercaya

Melihat akronim BERJAYA di atas maka SMPIT AL MULTAZAM 2 ingin menjadi sekolah yang sederhana dan tidak berlebihan dalam perjalanannya. Memiliki empati dan peka terhadap keadaan sekitar serta menjadikan nilai-nilai agama Islam sebagai pondasi utama yang mendasari seluruh program.Selain itu sekolah senantian menggunakan akal budi (pengalaman dan pengetahuan) dalam menghadapi masalah sehingga lebih arif, bijak dan teliti dalam melahirkan keputusan.

SMPIT AL MULTAZAM 2 berkomitmen untuk selalu pro-aktif terhadap segala bentuk yang bernilai ibadah disisi Allah SWT.Dengan konsep BERJAYA ini sekolah menanamkan semangat muda, sehingga selalu siap menangani perubahan zaman selama mengarah pada kebaikan. Tidak lupa sekolah memegang erat tujuan nilai amanah dan komitmen terhadap tujuan Pendidikan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa menyiapkan generasi terbaik di masa yang akan datang untuk menebarkan Islam Rahmatan  Lil ‘Aalamiin.

BERJAYA adalah jargon SMPIT AL MULTAZAM 2 yang menjadi semangat untuk seluruh civitas akademika.Tetapi dalam prakteknya antara pendidik dan tenaga kependidikan serta santri memiliki fokus dan konsentrasi masing-masing yang tidak menutup kemungkinan keduanya beririsan dalam implementasinya.

Definisi Berjaya untuk pendidik dan tenaga kependidikan adalah sebagai berikut ;

  1. Niat Ikhlas karena  Allah SWT dan memiliki tujuan yang sama dalam mengemban seluruh amanah
  2. Qurani, senantiasa berinteraksi dengan al-Qur’an (Membaca, Menghafal dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari)
  3. Senantiasa membudayakan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi  dalam menjalankan amanah, melaksanakan semua program dan  roda organisasi
  4. Teamwork yang solid  yang didasari oleh rasa kebersamaan dan kekeluargaan

Adapun definisi Berjaya untuk para santri yang luar biasa adalah sebagai berikut ;

  1. Qurani, para santri senantiasa berinteraksi dengan AL Qur’an (Membaca, Menghafal dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari)
  2. Adab dulu baru Ilmu, para santri senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai adab (Akhlak) dalam menuntut ilmu agar memperoleh ilmu yang bermanfaat dan penuh keberkahan
  3. Berprestasi, tradisi menjadi juara baik dalam bidang akademik maupun bidang non akademik
  4. Peduli lingkungan, para santrisenantiasa menjaga dan melestarikan penghijauan lingkungan

SMPIT AL MULTAZAM 2 BERJAYA letaknya di bawah kaki gunung ciremai tepatnya di Desa Linggajati lingkungan asri, udara nya sejuk sehingga sangat kondusif untuk proses kegiatan belajar mengajar ( KBM ) memiliki mimpi besar BERJAYA menjadi sekolah kebanggaan umat dan Go International, semoga Allah SWT memudahkan segalanya. Aamiin

Kepala SMPIT AL MULTAZAM 2

HERI RAMUJA, S.Pd.I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *