January 31, 2023

Santri Kelas 9 Membuat Arsitektur Design Rumah dengan Memanfaatkan Sumber Daya

SMPIT Al-Multazam 2 (10/2) Sebuah projek pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Projek tersebut di khususkan untuk kelas 9 SMPIT Al-Multazam 2. Sebuah projek yang mengusung tema STEM (Science, Technology, Energy, and Mathematics) untuk mewujudkan dan berkreasi desain “Rumah Minimalis”.

Santri kelas 9, khususnya angkatan Dimension, dilatih dan di ajarkan di pembelajaran IPA, untuk menjadi seseorang yang kreatif dan di latih untuk bekerja sama antar anggota di dalam satu tim, saling bertukar pendapat dan pikiran untuk mewujudkan hasil “Rumah Minimalis” yang diinginkan. Projek ini pun di lakukan berkelompok di setiap kelas nya, dari kelas 9A hingga 9G.

Penggunaan barang-barang yang digunakanpun ialah barang-barang yang ada di sekitar para santri dan di sesuaikan oleh kreasi kelompoknya masing-masing. Di projek inipun para santri di ajarkan agar lebih baik dan lebih unggul dalam bidang komunikasi, karena projek ini para santri sudah di kelompokkan oleh anggota kelompoknya masing-masing, di ajarkan untuk berbicara di depan, dan mempresentasikan hasil kerjanya. Selain di depan teman-teman kelasnya masing-masing, merekapun harus mempresentasikan hasil karya kerja “Rumah Minimalis” tersebut di hadapan para penilai yang terdiri dari 3 orang penilai yang hadir.

Projek ini di garap memakan waktu yang cukup panjang, di karenakan projek ini di lakukan dan di kerjakan ketika waktu pertemuan pembelajaran IPA (Ust. Alfian Rahadian Pratama, S.Pd.), tetapi beberapa pertemuan pembelajaran diselingi oleh beberapa materi. Meskipun demikian, para santri tetap antusias mengerjakan, menerapkan kekreatifitasannya dalam projek satu ini.

Pada akhirnya para santri dapat menghasilkan sebuah model, replika “Rumah Minimalis” hasil kerja tangannya sendiri sehingga mendapatkan komentar-komentar yang positif dari para penilai, selain itu para penilaipun menilai karya buatan santri kelas 9 khususnya santri angkatan Dimension, dan santripun mendapatkan nilai-nilai yang cukup memuaskan dari para penilai yang hadir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *