January 31, 2023

Semangat Santri Saat Menerima Media Pembelajaran Smartclass dengan Ipad

SMPIT AL-MULTAZAM 2 (19/8) Santri Kelas 7 Sangat antusias dalam menerima media pembelajaran smartclass dengan menggunakan Ipad. Semangat mereka dalam belajar dilihat dari media apa yang akan di terapkan untuk mencapai hasil yang memuaskan, yaitu dengan menggunakan Ipad dalam Smartclass. Smartclass baru di terapkan sebagai media pembelajaran untuk kelas 7 pertama kali di tahun ini. Dengan adanya smartclass memudahkan guru dalam menyampaikan materi yang diajarkan, dan dapat di serap mudah kepada santri. Sehingga menjadi media yang praktis dalam menerima dan memberi tugas.

Pada Hari Jum’at tepatnya pada pukul 07.30 seluruh santri kelas 7 dikumpulkan bergilir di Laboatorium Lab komputer untuk di bagikan Ipad, dimulai dari kelas 7A, sampai 7D dibimbing dengan wali kelas nya masing-masing untuk diberikan intruksi panduan dalam unboxing ipad, agar anak-anak bisa tetap kondusif dalam pembagian Ipad ini. Fungsi dari Unboxing ini adalah untuk penyetingan konfigurasi Ipad agar Ipad santri dapat di kelola oleh tim teknis, sehingga bisa di pantau dan control oleh server, agar Ipad santri aman dalam penggunaan Aplikasi, dan Internet yang mereka gunakan.

Kegiatan ini berlangsung hingga pukul 16.00 sore, di akhiri dengan kelas 7D. dalam kegiatan ini Tim Teknis melakukan Penyetingan yang di sebut Supervisi ipad, supervise ipad yaitu proses koneksi antara ipad dengan macbook, kedua prangkat ini saling terhubung antara prangkat ipad ke macbook sehingga prangkat ipad dapat tercontrol dalam ipad. Setelang melakukan Supervisi ada proses MDM. MDM adalah Mobile Device Management, adalah proses pengelompokan dalam 1 grup smartclass santri SMPIT AL-Multazam 2, agar semua prangkat ipad santri memiliki Nama grup di prangkatnya SMPIT Al-Multazam 2, yang berfungsi untuk monitoring Ipad. Seteleh melakukan MDM berlanjut NROLLMENT, yaitu menambahkan user santri untuk di daftarkan ke account jamfschool. Dengan Jamf School, manfaatkan solusi yang dibuat khusus untuk guru, teknolog instruksional, dan TI pendidikan yang memaksimalkan perangkat keras Apple untuk tujuan pembelajaran — di dalam dan di luar kelas. Lengkap dengan aplikasi guru, siswa, dan orang tua, Jamf School menciptakan pengalaman digital yang optimal dan memastikan siswa fokus dan terlibat.Kunjungi jamf.com untuk mengetahui mengapa lebih dari 11 juta siswa dan pendidik diberdayakan oleh Jamf setiap hari.

Dalam Proses Supervisi, MDM, dan ENDROLLMENT dllakukan oleh para Tim Teknis Smartclass SMPIT Al-Multazam 2, setelah ipad semua di unboxing, ipad di masukan kembali ke dalam box lalu di kumpulkan kembali, kegiatan ini santri hanya melakukan tes ipad, apakah ipad berfungsi optimal, dan prangkat changer berfungsi dengan baik. Khawatir dalam produk ipad ini ada prangkat yang cacat dan tidak laying untuk di pergunakan. Dan setelah di cek alhamdulilah semua ipad dalam kondisi optimal.

Lalu di hari kedua tepatnya pada hari sabtu tanggal 20 Agustus 2022 tepatnya pada pukul 07.00 seluruh wali santri kelas 7, dan tim teknis melakukan aktivasi akun Google, dan I Cloud. Teknisnya dalam aktivasi adalah dengan melakukan komunikasi dengan wali santri dengan mengadakan google meet dengan wali santri kelas 7. Pentingnya aktivasi pada akun google dan icloud ini adalah untuk memudahkan santri dalam install aplikasi dan akses ke google. Memudahkan juga dalam pembelajaran setiap guru mapel. Proses aktivasi ini memerlukan waktu yang sangat lama, proses aktivasi ini berlangsung hingga malam hari.
Semoga dengan adanya media pembelajaran ini dapat menambah kreativitas santri dalam belajar, dan menjadi media pembelajaran yang memudahkan dalam pengelolaan dan pendistribusian tugas.

DF Kontributor SMPIT AM2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *