January 31, 2023

Dauroh Al-Qur’an: Mengoptimalkan Kembali Semangat Musyrif dalam Kegiatan Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an

Kuningan – Bagian Al-Qur’an dan Bahasa SMPIT Al-Multazam 2 mengadakan dauroh Al-Qur’an untuk pengajar/musyrif Al-Qur’an berkolaborasi dengan Bagian Al-Qur’an dan Bahasa SMAIT Al-Multazam 2 di Aula Ponpes Terpadu Al-Multazam 2 Linggajati, Jum’at (09/09). Dalam kegiatan tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan kembali semangat dalam mengajarkan Al-Qur’an terhadap santri-santri Ponpes Terpadu Al-Multazam 2 Linggajati, khususnya di kegiatan Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Bagian Al-Qur’an dan Bahasa SMPIT Al-Multazam 2 Linggajati, Ustadz Obby Syukri Mahdiyyin, S.Pd.I serta jajarannya, para musyrif Al-Qur’an dan pemateri pada kegiatan dauroh ini diisi oleh Ustadz Misbahuddin, S.H. Al-Hafidz yang merupakan Kepala Lembaga Al-Qur’an Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Al-Multazam.

Dalam sambutan oleh Kepala Bagian, Ustadz Obby Syukri Mahdiyyin, S.Pd.I, mengatakan bahwa adapun tujuannya mengadakan dauroh ini adalah sebagai ajang silaturahmi agar bisa saling mengenal satu sama lainnya, mengupgrade diri berupa upgrade niat, semangat dan kemampuan menjadi musyrif, serta sebagai evaluasi diri yaitu untuk bahan introspeksi dan mengingatkan diri.

Ustadz Misbahuddin selaku pemateri menyampaikan bahwa disamping kewajiban kita adalah belajar, kita juga memiliki kewajiban untuk mengajarkannya. Beliau juga menambahkan ada beberapa keutamaan dalam menjalankan amanah sebagai musyrif Al-Qur’an. Diantaranya adalah:

  1. Menjadi Pelita dalam Kegelapan
  2. Menjadi bagian penjaga kalam Al-Qur’an
  3. Sebagai pewaris misi kerasulan
  4. Meraih pahala yang tak terbatas
  5. Dan mendapat pengampunan dari Allah Swt.

Kegiatan dauroh ini berlangsung khidmat dan antusias, serta diakhiri dengan sesi tanya jawab dan pembagian reward untuk musyrif.

(LH – Kontributor Media Bagian Al-Qur’an dan Bahasa SMPIT Al-Multazam 2 Linggajati)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *